Artikel, Bisnis

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memulai Usaha Dessert Box

Ketika ingin memulai berbisnis dessert box, ada beberapa poin-poin penting yang mesti diperhitungkan. Berikut beberapa hal diantaranya.

Variasi Kemasan dan Ukurannya

Dalam bisnis dessert box, kemasan menjadi satu hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Dalam memilih jenis bahan untuk kemasan yang nantinya akan digunakan, sangat disarankan untuk tidak memakai bahan yang terlalu tipis. Agar bentuk dessert tetap terjaga dengan baik dan pastinya aman.

Tak hanya itu, ukuran kemasan juga harus dibuat bervariasi agar bisa memberikan banyak pilihan menarik bagi calon konsumen. Ukuran yang bervariasi ini juga bisa jadi alasan buat membeli dessert yang Anda tawarkan, lho. Karena ada konsumen yang membeli sebagai hampers untuk teman dan keluarga atau untuk dikonsumsi sendiri.

Setidaknya kita bisaenyiasatinya dengan menyediakan minimal dua ukuran berbeda. Contohnya saja ukuran regular yang bisa dikonsumsi untuk 1 atau 2 orang dan juga ukuran besar yang bisa dikonsumsi untuk 4 sampai 5 orang lebih.

Pilihan Rasa yang Ditawarkan

Selain kemasan, varian rasa dessert juga jadi daya tarik yang utama agar produk dessert yang ditawarkan mendapatkan perhatian dari calon pembeli. Siapkan beragam rasa pilihan dengan topping tambahan yang juga beragam.

Agar bisa mengetahui varian rasa apa yang sedang hits atau digemari saat ini, Anda bisa melakukan riset pasar. Atau, Anda juga dapat bereksperimen dengan membuat varian rasa dessert yang baru.

Macam-macam varian topping yang tersedia pun juga bisa jadi nilai tambah pada dessert. Anda dapat menyediakan berbagai macam pilihan topping seperti keju, oreo, dan lain sebagainya. Apapun jenis topping atau rasa yang ditawarkan, paling penting adalah tonjolkan keunikan menu dessert tersebut.

Strategi Marketing

Selanjutnya yang perlu juga diperhatikan adalah strategi apa yang akan digunakan dalam tahap pemasaran produk dessert box. Bisa saja dengan cara membuka outlet lalu memasang banner, iklan maupun menyebarkan brosur di sekitar outlet.

Akan tetapi, hal ini tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Solusinya, kita bisa memanfaatkan sosial media maupun lapak online untuk mendukung kegiatan promosi dan pemasaran. Sehingga, kita bisa lebih leluasa dalam memantau minat dari target audiens.

Langkah awal promosi, bisa dimulai dengan memperkenalkan produk dessert box ke kerabat dekat, teman maupun tetangga.

Dari situ kita bisa menggunakan testimoni dari mereka sebagai bahan yang memperkuat iklan. Selain juga dapat digunakan sebagai evaluasi dalam mengembangkan bisnis dessert box.

Lakukan Penyesuaian Harga

Setelah memikirkan soal kemasan dan juga varian rasa yang akan ditawarkan, kini saatnya menyesuaikan harga dengan elemen lainnya. Seperti varian rasa, ukuran, topping, hingga target pembeli.

Anda bisa membuat daftar harga sesuai rasa, ukuran, maupun topping yang disiapkan. Jangan lupa, perhatikan juga target pembeli yang ingin dituju.

Contohnya saja jika target audiens-nya kalangan mahasiswa, maka harga jual dessert box juga harus disesuaikan dengan kemampuan dan daya beli mahasiswa. Sama halnya ketika target pembeli yang dituju adalah kalangan umum yang tidak melihat strata ekonominya. Maka bisa disiasati dengan menyiapkan paket khusus dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan.

Setiap bisnis pasti memiliki tantangannya tersendiri kini giliran Anda mau atau tidak untuk menaklukkannya. Setelah melihat potensi keuntungan dari bisnis dessert box, yakin tak mau mulai menggelutinya?

Coba bayangkan saat kita bisa serius dan tekun, lantas bisnis ini pun berkembang  hingga memiliki outletnya sendiri dan bisa memberikan kesempatan kerja untuk orang lain. Bukankah ini sesuatu yang membanggakan? Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau mencoba dan tekun dengan apa yang dituju. Jangan takut berbisnis!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.