Artikel

Tips Memulai Desain Kemasan Makanan, Perhatikan Hal Ini!

Desain kemasan Mak

Apakah air atau anggur, makanan diklasifikasikan sebagai barang konsumen yang bergerak cepat (FMCG).

Ini dikonsumsi dengan cepat setelah pembelian dan diisi ulang tidak lama kemudian. Ini termasuk dalam kategori FMCG di mana konsumen setia pada suatu merek karena mereka membelinya secara teratur.

Jadi bagaimana Anda, pengusaha makanan, mempengaruhi pelanggan Anda dan membuat mereka mencoba produk Anda daripada meraih produk favorit mereka, lagi dan lagi?

Dengan menggunakan desain kemasan makanan Anda.

Di minimarket atau supermarket, kemasan makanan Andalah yang akan mengambil langkah pertama dalam mempengaruhi proses pengambilan keputusan konsumen.

Namun, membuat desain kemasan yang menarik perhatian lebih dari sekadar menggunakan warna yang menarik perhatian, terutama saat Anda menjual rumah Anda sendiri.

Desain kemasan adalah media yang harus beresonansi dengan branding Anda saat ini sekaligus menjelaskan identitas merek Anda, keunikan makanan Anda , dan nilai produk.

Ini adalah media yang menantang tetapi juga benar-benar kreatif yang dapat membuat perbedaan.

Pada artikel ini, kita akan melihat:

  • Tujuan desain kemasan makanan
  • Pilihan pengemasan yang aman untuk makanan biasa
  • Contoh desain kemasan yang efektif untuk makanan.
  • Mari kita masuk ke dalamnya.

Memulai dengan desain kemasan makanan

Anda memiliki jenis susu pilihan Anda sendiri, jenis pasta favorit Anda, dan saat Anda menikmati es krim, Anda memiliki beberapa favorit yang akan Anda kunjungi, tanpa pertanyaan.

Tapi apa yang Anda perlukan untuk mencoba susu, pasta, atau es krim jenis baru? Rasa, tentu saja, nutrisi di balik produk, atau mungkin bahannya?

Apa pun keputusan Anda, desain kemasan makanan perlu menyampaikan dan menjelaskan mengapa produk tersebut berbeda dengan favorit konsumen saat ini. 

Ada beberapa pertanyaan mendasar untuk ditanyakan pada diri sendiri saat mendesain kemasan makanan Anda, apakah Anda perancangnya atau bukan.

  • Bagaimana konsumen akan menggunakan/memakan makanan saya?
  • Bagaimana konsumen akan menggunakan kemasannya?
  • Di mana mereka pertama kali berinteraksi secara fisik dengan kemasan ini?
  • Haruskah makanan itu sendiri ada di kemasan?
  • Apa yang akan dipelajari konsumen dengan mengambil kemasannya?
  • Bagaimana kemasan Anda secara fisik terasa di tangan?

Pertanyaan-pertanyaan ini tidak banyak memberitahu Anda bagaimana mendesain kemasan Anda, tetapi itu adalah tempat terbaik untuk memulai ketika memikirkan pekerjaan yang harus dilakukan oleh kemasan makanan Anda.

Desain kemasan adalah marketing terbaik 

Desain kemasan Anda selalu melakukan salah satu dari dua hal:

  • Memberitahu konsumen bahwa ‘inilah mengapa Anda harus membeli produk ini.
  • Memberitahu pelanggan bahwa membeli produk ini adalah keputusan yang tepat.

Desain kemasan adalah media pemasaran yang sudah lama terlupakan. Baik itu kemasan eceran atau kotak pengiriman e-niaga, desain kemasan Anda mengkomunikasikan nilai dengan konsumen Anda.

Ingatlah hal ini saat menentukan warna dan citra yang akan Anda gunakan serta bahan dan bentuk desain kemasan makanan Anda.

Desain Kemasan Makanan

Dalam hal duduk dan mendesain kemasan makanan, ada banyak hal yang perlu diingat. 

Tips desain kemasan makanan yang bagus ini tidak menginvestasikan kembali rodanya, tetapi perlu dipertimbangkan saat mendesain kemasan yang akan bersentuhan secara khusus dengan makanan.

Keamanan produk makanan

Menjaga lingkungan eksternal keluar dan menjaga makanan Anda tetap steril adalah tujuan utama dan akhir dari semua desain kemasan makanan.

Standar keamanan pangan untuk produk yang dijual di toko sangat ketat. Pastikan untuk mematuhi hukum di mana produk Anda akan dijual.

Bahan kemasan

Baik corrugated atau cardstock, kardus adalah solusi standar untuk barang kering, artinya kardus adalah kanvas kosong Anda untuk digunakan.

Cairan dan bumbu aman disimpan dalam stoples kaca, botol plastik, atau sejenisnya.

Opsi desain kemasan

Bahan kemasan Anda akan membatasi bagaimana kemasan Anda dapat dicetak – yaitu, jika Anda memutuskan untuk mencetak beberapa bentuk solusi kemasan khusus! Hampir semua opsi pencetakan tersedia untuk kemasan produk di industri makanan.

Label adalah solusi masuk untuk stoples kaca dan dapat dicetak dengan cara apa pun. Label anggur dapat memiliki hasil akhir ekstra seperti embossing atau debossing .

Sustainable 

Keberlanjutan kemasan Anda memainkan peran penting dalam mempengaruhi keputusan pelanggan Anda.

74% orang Amerika mengatakan bahwa mereka bersedia membayar lebih untuk kemasan ramah lingkungan. Oleh karena itu, pengemasan makanan Anda perlu menjadi bagian dari siklus hidup yang berkelanjutan.

Tanpa pertanyaan, pilihlah produk yang tidak terbuat dari plastik sekali pakai berbasis mineral. Bahan berbasis serat, seperti bubur kertas, biasanya merupakan pilihan yang aman untuk kemasan yang bagus.

Kemasan biodegradable adalah pilihan yang lebih baik, memastikan tidak ada jejak yang tertinggal setelah terurai.

Bentuk & penyimpanan

Kemasan kopi hadir dalam berbagai bentuk , sering kali bervariasi seperti biji kopi itu sendiri. Pengemasan khusus untuk obat yang diterima secara sosial ini dapat membuat atau menghancurkan pemanggangan kecil. 

Kopi adalah produk yang pertama kali kita konsumsi dengan hidung kita, jadi desain kemasan makanan yang efektif untuk kopi harus memikat aromanya.

Kantong kopi memiliki bentuk yang sangat berbeda dari botol kaca berisi minyak. Ini menentukan bagaimana produk Anda dapat disimpan di lemari es atau pantry, dan karenanya memiliki pengaruh besar pada kenyamanan produk Anda.

Informasi bahan & gizi

Undang-undang dan peraturan pasar tertentu biasanya menetapkan bahwa untuk menjual produk makanan, daftar bahan dan/atau informasi nutrisi tentang produk Anda harus ada.

Pada sebagian besar jenis kemasan makanan, informasi nutrisi ini diletakkan di bagian belakang atau tidak terlihat.

Temukan informasi menarik lainnya di Gudang kemasan.com.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *