Artikel

Modal Ringan, Peluang Usaha Ikan Hias Nyatanya Cukup Menjanjikan

Usaha ikan hias memiliki potensi yang cukup besar mengingat minat masyarakat dalam memelihara ikan hias cukup tinggi. Cukup dengan modal ratusan ribu, kamu pun sudah bisa memiliki usaha ikan hias. Misalnya saja, ikan hias kecil semacam ikan cupang yang tak memerlukan perawatan khusus dan banyak tempat. Sehingga, bisa menekan biaya pengeluaran.

Usaha ikan hias termasuk salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Ternyata, untung dari usaha ikan hias ini bahkan bisa mencapai tiga kali lipat dari jumlah modal awal yang dikeluarkan. Tak sampai disitu saja, untung yang didapat juga bisa bertambah jika ikan hias yang dijual memiliki corak dan warna yang unik.

Selain karena keuntungannya, ada sejumlah hal kenapa usaha ikan hias bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan.

Peluang besar usaha ikan hias

Langkah untuk memulai usaha ikan hias sebetulnya tak terlalu sulit. Asal, kamu mengetahui jenis ikan hias apa yang ingin diperjual-belikan. Nah, sebelum mulai menjalankan usaha ikan hias, simak dulu yuk sederet peluang yang membuat ikan hias layak dilirik sebagai salah satu ide bisnis menjanjikan.

Menjalankan usaha dan hobi bersamaan

Jika kamu punya hobi memelihara dan merawat ikan hias, maka usaha ini cocok sekali untuk dijalankan. Usaha yang diawali dari sebuah hobi pasti akan terasa lebih menyenangkan. Bayangkan saja kamu bisa menyalurkan hobi tapi juga bisa menghasilkan cuan. Pasti seru!

Tak hanya itu, karena bagian dari hobi pastinya kamu pun sudah tahu apa kebutuhan dasar dalam menjalankan usaha ikan hias. Mulai dari cara membesarkan, memasarkan, hingga mencari solusi jika ada hambatan. Nah, dengan begitu, kesempatan kamu untuk untung besar dari usaha ikan hias bisa lebih terbuka lebar.

Tak memerlukan area atau media yang besar

Media untuk perawatan ikan hias cukup berbeda dengan media untuk ikan konsumsi, misalnya ikan mas atau ikan lele yang tentunya membutuhkan media berukuran besar. Salah satu sudut ruangan yang ada di rumah ataupun teras pun bisa dijadikan tempat alternatif untuk budidaya, jadi tak perlu memakan banyak tempat.

Bahkan akuarium saja pun sudah cukup untuk dijadikan media dalam menjalankan usaha ikan hias. Meski begitu, kualitas ikan hias harus tetapĀ  dijaga agar kondisi dan warna ikan tetap bagus. Di awal merintis usaha, kamu mungkin harus mengeluarkan sedikit modal lebih banyak untuk menyediakan akuarium khusus. Ini penting, karena akuarium ini akan jadi investasi dalam usaha ikan hias yang tengah dijalankan.

Perawatan yang tidak sulit

Selama memiliki pengetahuan yang cukup tentang cara budidaya dan perawatan ikan hias, maka tak perlu khawatir soal bagaimana cara membesarkannya. Kamu cukup memahami pengetahuan umum tentang biologi dan juga kebiasaan dasar ikan dan budidayanya.

Budidaya bisa dilakukan secara mandiri

Usaha ikan hias dapat dijalankan secara mandiri meski tanpa bantuan dari orang lain. Meskipun demikian, kamu mungkin memerlukan sedikit bantuan untuk melakukan pemindahan ikan saat akan membersihkan tangki.

Sah-sah saja jika meminta bantuan untuk membantu pekerjaan agar segera selesai. Tapi perlu diingat bahwa kamu perlu memberi imbalan dari pekerjaan mereka, ya.

Ikut membantu pelestarian ikan tertentu

Dengan menjalankan bisnis ikan hias, secara tidak langsung kamu pun ikut membantu pelestarian ikan-ikan hias tersebut. Jadi bukan cuma untung, tapi juga bisa memastikan bahwa ikan-ikan tersebut hidup sehat dan terhindar dari ancaman kepunahan.

Ikan hias memang punya tempat tersendiri terutama bagi mereka para pecintanya. Tak cuma untuk menambah kesan cantik dan asri rumah saja, tapi juga untuk tempat-tempat lainnya, seperti kantor, resto maupun toko. Tak heran jika peluang bisnisnya pun cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius.

Temukan informasi menarik lainnya hanya di GudangKemasan.com.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.